KRIPIK TEMPE SAGU “BULANKOE” MENDAPAT HIBAH MESIN MINI DARI ITI


KRIPIK TEMPE SAGU “BULANKOE” MENDAPAT HIBAH MESIN MINI DARI ITI

Kolaborasi Indonesia Small Medium Enterprises Association (ISMEA) dengan peneliti berlanjut terus dan kali ini menghasilkan inovasi mesin pemotong Tempe. Firda owner Tempe Sagu di Methane Cileungsi Bogor mendapat mesin pemotong Tempe berukuran mini. Prof. Dr. Ir. Dwita Suastiyanti, M.Si., IPM dosen teknik mesin Institut Teknologi Indonesia (ITI) Serpong Banten sebagai inovator mesin mini tersebut. Firda senang sekali mendapat hibah mesin mini, sebab sebelumnya ia harus menimbang-nimbang merubah struktur rumah produksi bila harus menggunakan mesin lebih besar ukuran industri. Endang Rudiatin ketua ISMEA sebelumnya sudah sering berkomunikasi dengan Dr. Ir. Iyus Hendrawan, IPU, M. Si., ASEAN Eng. rekan sejawat prof. Dwita di ITI tentang bagaimana memenuhi kebutuhan alat produksi anggota ISMEA kuliner sesuai dengan kekhasan produknya. Mereka berharap semoga ini awal yang baik bagi perkembangan industri rumah tangga. Para produsen industri rumah tangga tentu mayoritas tempat produksinya adalah rumah tempat tinggal. Mereka harus mendesain rumah nya sesuai dengan standard Industri Rumah tangga sebagaimana ditetapkan oleh BPOM, sebagai standard Cara pengelolaan pangan yang baik (CPPOB).

Firda owner Tempe Sagu di Methane Cileungsi Bogor mendapat mesin pemotong Tempe berukuran mini.
Keterangan gambar: Dr. Iyus Hendrawan, Prof. Dwita Suastiyanti, Firda produsen BULANKOE anggota ISMEA.

Mesin mini tersebut merupakan produk inovasi dosen yang dimanfaatkan oleh masyarakat dari kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Institut Teknologi Indonesia/IKU-5. Mesin tersebut sudah diperiksa oleh pihak quality control sesuai dengan spesifikasinya dengan merek atau nomor penggeraknya yaitu motor listrik 1/2 Hp, model BEJE UIKM 17.

Endang Rudiatin berharap ISMEA dapat menjadi mitra bagi hilirisasi dan komersialisasi bagi hasil invensi dan inovasi para peneliti dari berbagai disiplin ilmu.


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*