SELAMAT DATANG SAHABAT ISMEA DI 2019

  • 5
    Shares

 

Assalamu’alaikum selamat pagi selamat memasuki tahun 2019 Masehi. Semoga Allah swt melimpahi rezeki yang banyak, kemudahan, kelancaran dan kesuksesan usaha bagi para anggota ISMEA. Semoga para sahabat ISMEA diberi kelapangan jiwa dan semangat silaturahim, menjalin kerjasama, tolong menolong dan gotong royong agar bisa membangun sebuah sistem dan networking yg baik dengan sesama anggota ISMEA, sahabat ISMEA dan mitra ISMEA. Saling dukung mendukung, berkompetisi sehat dan selalu mengambil banyak pelajaran dan manfaat dari peluang2 yg bisa dibangun dari sesama anggota ISMEA, para sahabat, para mitra.

Sahabat, spirit kebersamaan, gotong royong dan saling mendorong maju, adalah modal yg kuat bagi UKM/IKM untuk tetap eksis di hulu hingga hilir usaha di era revolusi 4.0. Selamat berjuang di tahun 2019 menghadapi tantangan revolusi 4.0. Tetaplah bersama dalam komunitas atau perkumpulan, kompak jangan tercerai berai, supaya tetap dapat eksis.

Tetap berada dalam kelompok dan komunitas dapat membantu mengatasi masalah ketertinggalan dan kekurangan bersama-sama. Era revolusi 4.0 tidak ada lagi sekat-sekat semua disatukan dalam sebuah teknologi yg kerap disebut aplikasi IT. UKM-IKM pun terjaring dalam pusaran teknologi nya dalam sekejap waktu dengan e money, EDC, vending machine, on line market, e transport, e mail, social media yang umumnya bukan desainer UKM-IKM, tetapi di desain utk UKM-IKM. UKM-IKM adalah user, adalah follower. Disisi lain ada user teknologi dg modal besar yg juga merambah ke jenis2 produk UKM-IKM terutama kuliner. Kompetisi langsung dalam kualitas dan harga!

Urutannya kemudian adalah imbas pada jumlah produksi, lamanya dan biaya. Strategi UKM-IKM? Perlindungan terhadap UKM-IKM yg adalah the backbone ekonomi Indonesia? Perlu dicatat UMKM sebagai penyumbang 60 persen pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Core aktifitas UKM-IKM adalah transaksi, berusahalah supaya semua aplikasi IT bermanfaat utk kelancaran transaksi. Jadi pengguna yg cerdas, dg memperbanyak informasi dan komunikasi dalam komunitas. Jangan menyekat diri dengan hanya dalam kegiatan produksi, distribusi, konsumsi. UKM-IKM juga harus memiliki wawasan tentang kebijakan, aturan hukum, public speaking, advertising, politik, sosial-budaya, agama, dlsb., sebab segmen konsumen sangat heterogen dan sudah terintegrasi dengan teknologi. Tetap semangat.

Sukses sahabat ISMEA. ISMEA sukses

1 January 2019

Ketua Umum ISMEA

Endang Rudiatin.


  • 5
    Shares

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*