Mahasiswa Magister Ilmu Administrasi FISIP UMJ Berinteraksi dengan Petani dan Pelaku Usaha Rumput Laut di Sebatik-Nunukan Kalimantan Utara


Mahasiswa Magister Ilmu Administrasi FISIP UMJ didampingi dosen pembimbing Dr. Endang Rudiatin, M.Si. mengunjungi para petani dan pelaku usaha rumput laut di desa Liangbunyu Sebatik 6 September 2019.

Para mahasiswa tersebut tengah melakukan penelitian sebagai bagian dari penyelesaian thesis magister nya. Ketiga mahasiswa tersebut; Hardie, Sulhan dan Pradietya Dimas Chairizal langsung berinteraksi dengan para petani rumput laut.
Mereka ikut memilah milah, memotong dan mengikat rumput laut di tali yang sudah diberi pelampung berupa botol mineral kosong ukuran 1 liter. Lalu mereka melakukan wawancara kepada pelaku usaha rumput laut mulai dari pemilik fondasi, yaitu tempat pembibitan dan pembiakan rumput laut, sampai pengepul.

Sulhan dan Hardie mengambil tema penelitian tentang Kewirausahaan Petani Sebatik dan Pemberdayaan Wirausaha Perempuan Sebatik. Sedangkan Pradietya mengambil tema tentang Kebijakan Perdagangan Lintas Batas di Sebatik. Dr. Endang Rudiatin, M.Si selaku pembimbing ketiga mahasiswa adalah dosen spesialisasi studi perbatasan dan sudah pernah beberapa kali melakukan penelitian di perbatasan, termasuk di Sebatik dan Nunukan.

Masyarakat petani dan pelaku usaha rumput laut cukup antusias dan terbuka melakukan wawancara dengan para mahasiswa, bahkan beberapa mengundang untuk bertandang ke rumahnya. Rumput laut menjadi salah satu sumber penghasilan rumah tangga desa Liangbunyu Sebatik.


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*