Komunitas Ikan Hias ISMEA Mendapat Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Koi Berbasis Mikroalga dan Nanoemulsi Kitosan


Alvika Metasari ST, Mchem.eng dan Dr. Endang Rudiatin, M.Si. dan Endah sedang menerangkan pembuatan pakan ikan.
Adi dari RR Aquarium sedang membuat adonan pakan ikan disaksikan peneliti Alvika Metasari.

Selasa 5 Desember 2019, tim peneliti Universitas Muhammadiyah Jakarta Alvika Metasari, ST, MChem.Eng beserta para mahasiswa Endah Fitrianingrum dan Astrid Kartika Citra, mengadakan pelatihan pembuatan pakan ikan Koi bagi komunitas Ikan Hias ISMEA. Kebaruan dari penelitian tersebut yaitu berbasis Mikroalga dan Nanoemulsi Kitosan. Hasilnya akan tampak pada warna ikan dan juga memiliki protein lebih baik. Turut bergabung peneliti dari Universitas Negeri Jakarta Prof. Erdawati, M.Si. terkait mikroalga.

Ikut bergabung dalam pelatihan tersebut Kelompok Ikan Hias Johar Baru (KIHJB). Mereka saling berbagi informasi dan pengalaman dengan anggota ISMEA membahas temuan para peneliti tersebut.

Dalam presentasinya, Endang Rudiatin ketua umum ISMEA mengingat kan kembali tentang kampanye ISMEA, yaitu Healthy, Halal and Go Green yang sudah berjalan selama setahun ini. Ia menghimbau kepada para peserta pelatihan untuk responsif terhadap teknologi yang ramah lingkungan dalam berusaha, sebab dengan menjaga ekosistem ikan hiasnya, mereka sekaligus juga menjaga ekosistem sekitarnya sendiri. Ia juga mengarahkan kepada para UKM ikan hias tersebut untuk
saling dukung dan bekerjasama dalam membesarkan usahanya. Dengan me refer pada perusahaan unicorn yang merupakan gabungan beberapa investor, Endang menginspirasi bahwa era sekarang sudah harus saling bekerjasama, baik dalam mencapai kesuksesan maupun dalam meminimalisir resiko. Cara kuno nenek moyang kita dalam tata kelola/menejemen usaha kecil, sesungguhnya lebih tepat kita warisi. Bahasa milenial sekarang, back to heritage Indonesia.

Setelah presentasi, tim peneliti melakukan demonstrasi pembuatan pakan ikan. Adi peserta pelatihan dari RR Aquarium, berhasil membuat adonan dan mengepal ngepalkan bongkahan adonan ke teman teman nya. Demonstrasi berdurasi 30 menit. Acara berlangsung di Tempat Kumpul Kreatif Jakarta Pusat Gedung Pusat Promosi Ikan Hias Lt. 3 Jl. Percetakan Negara II Blok H, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Komunitas Ikan Hias ISMEA dan Johar juga siap menyukseskan ISMEA GELAR MULTIPRODUK INDONESIA ASLI Plus di Kementerian Perindustrian 17-20 Desember mendatang. Acara tahunan ISMEA mempromosikan dan memasarkan produk-produk unggulan para anggotanya.


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*