Dekan Fakultas Pertanian UMJ: Mengamankan Ketahanan Pangan Harus Sampai Blockchain.

Ki ka Meisanti, Elfarisna, Diah dari BPOM dan Endang Rudiatin ketum ISMEA

Pada sesi 3 Diskusi Panel dalam acara Gelar Multiproduk Asli Indonesia ++, ISMEA (Indonesia Small Medium Enterprises Association) bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta menggulirkan tema Ketahanan Pangan di Era Revolusi 4.0.

Dekan, Dosen dan Mahasiswa FTan UMJ

Dr. Ir. Elfarisna, M.Si., dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai moderator, membuat kesimpulan akhir diskusi tersebut dengan melontarkan pentingnya mencapai blockchain untuk jaminan ketahanan pangan nasional. Poduksi, logistik, distribusi, kualitas, dan pelaku penggerak harus saling sejalan dan tidak berjalan sendiri-sendiri, demi mencapai pangan yang aman dan terjangkau bagi masyarakat.

Dekan dan dosen F Tan UMJ bersama panitia acara

Blockchain menjadi bagian dari teknologi masa depan yang akan merasuki semua aspek kehidupan manusia. Kita semua perlu responsif proaktif menyiasati agar kita tidak ketinggalan teknologi, sebab dia akan menjadi bagian dari sistem konsumsi kita.

Kehadiran para narasumber merupakan wakil pemerintah dan lembaga masyarakat dalam tata kelola pangan nasional. Secara simbolis mewakili pengolah hasil pertanian, surveyor, assessor, lembaga keuangan, lembaga sertifikasi dan semua pihak stake holder lainnya. Mereka adalah Dr. Rachmi Widiriani, S.P. M.Si dari Kementerian Pertanian, Evi Sulandari dari Bulog, Diah Sulistyorini, A.Pt, M.Sc dari BPOM dan dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Ir Halomoan Tamba, M.BA yang seyogyanya mewakili para petani.

Ketua ISMEA, Dr. Endang Rudiatin, M.Si. menyampaikan apresiasi nya terhadap keikutsertaan dekan, dosen dan para mahasiswa Fakultas Pertanian UMJ dalam diskusi ketahanan pangan ini. Suatu tantangan yang harus dihadapi oleh para UKM-IKM kuliner di era revolusi 4.0, yang mengalami inovasi dengan teknologi blockchain nya. Rombongan Fakultas Pertanian UMJ ini dikoordinir oleh Dr. Meisanti, SP, MP yang juga ikut andil dalam menghadirkan para narasumber dalam diskusi ini.

Di akhir acara Dr. Ir Elfarisna, M Si. dan Dr. Meisanti, SP, MP juga berkesempatan menghadiri acara penutupan Gelar Multiproduk Asli Indonesia++. Setelah acara penutupan staf ahli Menpora Syamsul Qomar, yang mewakili Menpora Zainuddin Amali untuk memberikan apresiasi atas keikutsertaan wirausaha pemuda dan mahasiswa. Ia berkeliling meninjau produk-produk para milenial tersebut. Para milenial sangat bersemangat menyambut apresiasi menpora. Ketua umum ISMEA mendapat apresiasi juga telah memberikan kesempatan kepada para milenial untuk ikut pameran bersama para IKM yang sudah lebih banyak pengalaman.


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*