“ISMEA: MEMBANGUN KEMBALI PEREKONOMIAN INDONESIA DENGAN MENATA UKM-IKM”


Indonesia Small Medium Enterprises Association (ISMEA), menggelar acara Silaturahim tahunan dengan para anggota, penggerak Ok Oce, Indonesia Islamic Bussines Forum (IIBF) dan para mitra ISMEA. Acara silaturahim ini bertepatan dengan halal bi halal di bulan Syawal.

Silaturahim ini menjadi ajang bertukar ide dan gagasan menghadapi situasi perekonomian ke depan yang dihadapi oleh para UKM -IKM.

Dalam kata sambutannya ketua umum ISMEA, Endang Rudiatin, berkisah tentang perjalanan panjang ISMEA dalam mendampingi UKM-IKM; mulai dari melaksanakan pameran-pameran, bazaar, menggelar berbagai acara seperti fashion show dan lomba-lomba untuk mengenalkan produk heritage dan handmade khas UKM-IKM, hingga membuat pelatihan tentang “product knowledge”. Kisah termasuk suka duka harus kompetitif terhadap produk pabrikan dan massal di tengah ketidak tahuan masyarakat terhadap produk unik dan khas.

 

Di sisi lain bahan baku produk UKM-IKM juga beberapa bagian adalah produk impor, sehingga bila terjadi penurunan nilai rupiah terhadap dolar, UKM-IKM kewalahan dalam penetapan harga. Endang berharap anggota ISMEA jangan terpaku pada berproduksi dan berjualan saja , tetapi harus mengikuti perkembangan inovasi teknologi di segala bidang. Selektif dalam memilih mitra berpameran, promo dan pemasaran dan aktif mengamati pasar luar negeri yang setiap saat hadir di depan mata. Endang mengisahkan beberapa kali berpameran di mall-mall kelas atas, pengunjung lebih tertarik dengan produk2 brand dunia daripada produk-produk UKM-IKM. Itu menjadi tantangan UKM-IKM terhadap persepsi dan selera pasar masyarakat.

Acara Halal bi halal dan Silaturahim ISMEA menghadirkan Sandy Uno founder Ok Oce dan Heppy Trenggono presiden Indonesia Islamic Bussines Forum (IIBF)sebagai pembicara. Sandy Uno didaulat untuk memberikan pemaparan tentang gagasan Bank Infak Dunia dan Heppy Trenggono tentang e money bagi UKM-IKM. Bulan depan Heppy dan tim bisnis IIBF akan meluncurkan produk e money Swift.

Hadir dalam acara tersebut ketua umum Ok Oce Indonesia Iim Rusyamsi, Indra Uno co founder Ok Oce serta komunitas penggerak Ok Oce lainnya.

 

 


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*