Koperasi Merupakan Wadah Menyatukan Kekuatan UKM-IKM Dalam Menghadapi Berbagai Kendala Usaha


Ketua Umum ISMEA Endang Rudiatin dalam rapat anggota koperasi Ismea Sukses Makmur, di Mall Pelayanan Publik DKI Jakarta Epicentrum Kuningan mengatakan, banyak UKM-IKM yang kurang memanfaatkan koperasi disebabkan fenomena koperasi yang dibangun di kalangan UKM oleh dinas-dinas tidak sesuai dengan harapan mereka. Pada umumnya mereka berharap koperasi menjadi sarana pembiayaan dan fasilitasi kegiatan para UKM-IKM. Selama ini antara kegiatan fasilitasi UKM dengan dana pemerintah dengan fasilitasi dari koperasi yang modalnya berasal dari anggota UKM-IKM tersebut, berjalan sendiri-sendiri. Sudah menjadi hal yang lumrah ketika fasilitas UKM-IKM juga hanya dapat dinikmati oleh UKM-IKM yang sama setiap tahunnya, sedangkan UKM-IKM setiap tahun bertambah jumlahnya. Seringkali mekanisme yang dilakukan dinas-dinas dalam rekrutmen UKM-IKM tidak tepat sasaran, justru menyasar kepada yang bukan UKM-IKM. ISMEA mendirikan koperasi sejak tahun 2017 mengalami parang surut disebabkan faktor-faktor tersebut. Anggota kurang meyakini dan memahami esensi koperasi sesungguhnya. ISMEA akan terus berusaha untuk merubah pandangan tersebut, dengan terus mendorong kegiatan-kegiatan anggota-anggotanya ke arah wirausaha dan bisnis dan mengurangi kegiatan-kegiatan yang hanya bersifat ceremonial, yang lebih banyak mengeluarkan biaya hanya untuk kumpul-kumpul dengan tujuan sosialita dan hedonism. Eksistensi ISMEA lebih diarahkan kepada kegiatan menyatukan asset dan kelebihan masing-masing untuk maju bersama disela-sela bisnis retail yang harus berhadapan dengan kemajuan teknologi, tantangan gaya hidup dan keterbatasan pasar bagi produk-produk UKM-IKM.

Dalam rapat 11 Januari 2019 tersebut, terjadi pergantian kepengurusan sekaligus penyerahan berkas keuangan dari bendahara Nurjanah Ahmad ke Gilang Gayatri dan berkas kesekretariatan dari Sri Mulyani ke Husain Abdul Azis. Berikut susunan kepengurusan koperasi Ismea Sukses Makmur (ISM) sbb; ketua Umum, Endang Rudiatin; Sekretaris Umum Husain Abdul Azis; Bendahara Umum Gilang Gayatri. Beberapa nama memperkuat kepengurusan seperti, Alya Farraz sebagai wakil Sekretaris, Irdanty Johan sebagai wakil bendahara dan wajah-wajah baru Yulli, Akmal, Yustika, Neneng dan Nuraini.

Selamat atas terbentuknya kepengurusan koperasi Ismea Sukses Makmur (ISM) yang baru, semoga semakin solid dalam menyongsong era revolusi 4.0.


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*