Branding dan Packaging penting bagi UKM


ISMEA kembali mengadakan kegiatan pelatihan, kali ini tentang pentingnya branding dan packaging bagi produk UKM-IKM. Acara berlangsung di Mall Pelayanan Publik Epicentrum Kuningan Jakarta Pusat 18 Januari 2019 dari jam 09.00-13.00. ISMEA menjadikan pelatihan branding dan packaging sebagai pelatihan yang utama dari rangkaian kegiatan pelatihan di tahun 2019 menghadapi revolusi 4.0. ISMEA memiliki beberapa lapisan segmen pasar bagi para anggotanya. Seiring dengan mulai adanya permintaan pasar terhadap produk-produk ISMEA, Dra. Kusdini Nurdiati sebagai pakar dan desainer produk, akan mendampingi para peserta hingga brand nya mendapat pengakuan oleh segmen pasarnya. Ia merupakan salah satu mitra ISMEA yang selalu mengamati perkembangan  ISMEA dari tahun berdirinya 2016.

Pelatihan ini dilakukan dengan teknik Learning by doing. Pendampingan akan dilakukan terhadap peserta terpilih di angkatan pertama secara grouping. Kusdini berbagi pengalaman bagaimana selama beberapa tahun menjadi instuktur dan fasilitator packaging sekaligus branding mulai dari beberapa kota di Jabodetabek hingga kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Ia juga mengenalkan contoh-contoh packaging yang sudah berhasil difasilitasi hingga memiliki brand tingkat nasional.

Ketua umum ISMEA, Endang Rudiatin menyemangati para peserta dengan membagi kisah bagaimana ISMEA membangun branding sebagai asosiasi UKM-IKM yang bergerak di pemasaran produk-produk UKM-IKM, dengan berbagai kegiatan dan mengenalkan produk-produk UKM-IKM yang memiliki kemasan yang baik. Kusdinipun menghimbau para peserta agar memastikan packaging produknya sudah didesain dengan baik sesuai target segmen pasar yang dituju. Keberhasilan membangun brand yang berimplikasi pada peningkatan pasar sangat ditentukan oleh packaging. Sebagai pendiri ISMEA Endang selalu berharap dalam setiap pelatihan serta kegiatan-kegiatan promo dan pemasaran yang diselenggarkan oleh ISMEA, para anggota selalu mengalami peningkatan jauh lebih baik dari sebelumnya. Selanjutnya para peserta pelatihan angkatan pertama ini akan memasuki laboratorium packaging di rumah kreatif ISMEA.


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*